Jumat, 22 April 2011

Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)

       Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A.  Latar Belakang
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani,  olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis.  Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.
Pendidikan memiliki sasaran pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri yang secara alami berkembang searah dengan perkembangan zaman.
Selama ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan yang hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah membawa akibat terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, seni, psikomotor, serta life skill. Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan akan memberikan peluang untuk menyempurnakan kurikulum yang komprehensif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis  yang seimbang.

B. Tujuan
      Mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2.      Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3.      Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4.      Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5.      Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6.      Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7.      Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif
           
C.  Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan  Kesehatan untuk jenjang SMP / MTs adalah sebagai berikut.
Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
1.      Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
2.      Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
3.      Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya

4.      Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air,  dan renang serta aktivitas lainnya
5.      Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
6.      Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur  waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan  P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.


           


D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas  VII, Semester  1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

1.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik , serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
1.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar  atletik  serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan. **)
1.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri dengan koordinasi yang baik  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)

2. Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

2.1  Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan daya tahan otot  serta nilai disiplin dan tanggung jawab
2.2 Mempraktikkan latihan daya tahan jantung dan paru-paru , serta nilai disiplin dan tanggung jawab



3. Mempraktikkan senam dasar dengan teknik  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

3.1 Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki , serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggung jawab
3.2 Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain kaki  serta nilai disiplin, keberanian dan  tanggung jawab

4   Mempraktikkan senam irama tanpa alat , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
4.1 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti irama , serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan
4.2 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak mengayun satu lengan mengikuti irama , serta nilai kedisiplinan, estetika, toleransi dan keluwesan

5.  Mempraktikkan sebagian teknik dasar renang gaya dada , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)

5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2  Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki, gerakan lengan, dan pernapasan gaya dada  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

6.  Mempraktikkan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan di lingkungan sekolah , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)

6.1  Mempraktikkan pemilihan tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan, mempraktikkan teknik dasar pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan sekolah secara beregu , serta nilai kerjasama, tanggung jawab dan tenggang rasa

6.2 Mempraktikkan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan  serta nilai kerja sama, tanggung jawab dan tenggang rasa

7. Menerapkan budaya hidup sehat
7.1 Memahami pola makan sehat
7.2 Memahami perlunya keseimbangan gizi


Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
8.  Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
8.1 Mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olahraga bola besar beregu lanjutan  serta nilai kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian**)      
8.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olahraga bola kecil beregu dan perorangan , serta nilai kerjasama, kejujuran, dan menghormati lawan**)
8.3 Mempraktikkan teknik dasar perorangan lanjutan atletik , serta nilai disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran**)
8.4 Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga perorangan beladiri lanjutan  serta nilai kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan**)

9.  Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

9.1  Mempraktikkan jenis latihan untuk kelentukan dan keseimbangan  serta nilai disiplin dan tanggung jawab
9.2 Mempraktikkan jenis latihan kecepatan dan kelincahan   serta nilai disiplin dan tanggung jawab
10. Mempraktikkan teknik dasar senam lantai  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
10.1 Mempraktikkan teknik dasar gerak guling depan  serta nilai kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
10.2 Mempraktikkan teknik dasar guling belakang  serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab

11. Mempraktikkan senam irama tanpa alat  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

11.1 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat gerak mengayun dua lengan mengikuti irama , serta nilai disiplin, estetika  toleransi dan keluwesan

11.2 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat  dengan melangkah dan mengayun , serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan
12. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya bebas , dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)

12.1 Mempraktikkan koordinasi gerakan kaki dan lengan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
12.2  Mempraktikkan koordinasi gerakan lengan dan pernapasan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
12.3  Mempraktikkan koordinasi renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

13. Menerapkan budaya hidup sehat
13.1 Memahami berbagai penyakit menular seksual (PMS)
13.2 Memahami cara menghindari penyakit menular seksual





Kelas VIII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

1.1 Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.2  Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.3 Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan olahraga atletik lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
1.4 Mempraktikkan teknik dasar salah salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)

2.  Mempraktikkan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

2.1  Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya tahan anggota badan bagian atas dengan sistem sirkuit  serta nilai disiplin dan tanggung jawab
2.2  Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya tahan anggauta badan bagian bawah dengan sistem sirkuit  serta nilai disiplin dan tanggung jawab



3.  Mempraktikkan teknik dasar senam lantai  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

3.1 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai meroda berdasarkan konsep yang serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
3.2 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai guling lenting  serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

4.  Mempraktikkan senam irama dengan alat  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

4.1  Mempraktikkan teknik dasar senam irama menggunakan tongkat atau simpai dengan gerakan mengayun dan memutar ke berbagai arah  serta nilai disiplin, toleransi dan estetika
4.2  Mempraktikkan kombinasi gerakan mengayun/memutar ke berbagai arah dengan gerak melangkah  serta nilai disiplin,toleransi, keluwesan gerak, dan estetika

5. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya bebas  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)

5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

6. Menerapkan budaya hidup sehat
6.1 Mengenal bahaya seks bebas
6.2 Menolak budaya seks bebas



Kelas VIII, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
7. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga  dan mlai-nilai yang terkandung di dalamnya

7.1  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
7.2  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
7.3  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar lanjutan atletik dengan koordinasi yang baik  serta nilai  percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
7.4  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri**)

8. Mempraktikkan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

8.1  Mempraktikkan latihan kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian atas  serta nilai disiplin dan  tanggung jawab
8.2 Mempraktikkan latihan kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian bawah  serta nilai disiplin dan tanggung jawab

9. Mempraktikkan teknik dasar senam lantai  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya


9.1  Mempraktikkan rangkaian teknik dasar gerak meroda dan guling depan  serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab


9.2  Mempraktikkan rangkaian teknik dasar   guling depan dan guling lenting  serta nilai disiplin, keberanian dan  tanggung jawab.

10. Mempraktikkan senam irama dengan alat  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

10.1 Mempraktikkan variasi gerakan mengayun ke berbagai arah  serta nilai disiplin, toleransi  dan keluwesan gerak
10.2 Mempraktikkan variasi gerakan memutar ke berbagai arah  serta nilai disiplin, toleransi dan keluwesan

11. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya dada  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)

11.1 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur lanjutan, gerakan kaki dan lengan renang gaya dada dalam jarak tertentu  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
11.2 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar pernapasan renang gaya dada  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

12. Mempraktikkan penjelajahan di sekitar sekolah  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)
12.1 Mendiskripsikan perencanaan kegiatan penjelajahan secara sederhana
12.2  Mempraktikkan keterampilan penjelajahan di sekitar sekolah  serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika, memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan

13. Menerapkan budaya hidup sehat
13.1 Memahami berbagai penyakit menular yang bersumber dari lingkungan tidak sehat
13.2 Memahami cara menghindari penyakit menular yang bersumber dari lingkungan tidak sehat


Kelas IX, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi dasar
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga  serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya

1.1  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan konsisten   serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan dan bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan konsisten  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan  serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan konsisten  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)

2.  Mempraktikkan jenis latihan beban dengan alat sederhana untuk meningkatkan kebugaran  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
2.1 Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan
2.2  Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana  serta nilai semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri

3.  Mempraktikkan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang benar  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan

3.2  Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika

4. Mempraktikkan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat  serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

4.1 Mempraktikkan rangkaian  aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang baik  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
4.2  Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik berirama menggunakan alat dengan koordinasi gerak  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika

5.  Mempraktikkan teknik dasar renang gaya punggung  dan nilai- nilai yang terkandung di dalamnya*)





5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2  Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.3  Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
6.  Mempraktikkan dasar-dasar penjelajahan di alam bebas  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)

6.1  Mempraktikkan rencana kegiatan penjelajahan
6.2  Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas  serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika

7. Menerapkan budaya hidup sehat
7.1 Memahami berbagai bahaya kebakaran
7.2 Memahami cara menghindari bahaya kebakaran

Kelas IX,  Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

8. Mengembangkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga  serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya




8.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan tepat dan lancar  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)


8.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat dan lancar  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, berbagi tempat dan peralatan**)
8.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan  serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan**)
8.4 Mempraktikkan  variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan tepat dan lancar  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri**)


9. Mempraktikkan tes kebugaran jasmani secara sederhana 
9.1  Mempraktikkan tes  kesegaran jasmani secara sederhana
9.2  Menginterpretasi secara sederhana hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran


10. Mempraktikkan rangkaian gerak senam   dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

10.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman



10.2  Mempraktikkan rangkaian senam lantai dengan alat   serta nilai percaya diri dan disiplin


11. Mempraktikkan senam irama   dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
11.1 Mempraktikkan kombinasi gerak berirama tanpa alat dengan koordinasi yang benar  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
11.2  Mempraktikkan gerak rangkaian senam irama menggunakan alat dengan koordinasi  serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan, dan estetika

12. Mempraktikkan kecakapan teknik dasar gaya renang  dan nilaii- nilai yang terkandung di dalamnya*)
12.1  Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur, gerakan kaki dan lengan, renang gaya bebas dalam jarak tertentu  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
12.2  Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur, gerakan kaki, lengan dan pernapasan, renang gaya bebas dalam jarak tertentu  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

13. Mempraktikkan keterampilan dasar penjelajahan, dan penyelamatan aktivitas di alam bebas  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)

13.1  Mempraktikkan perencanaan dasar-dasar kegiatan menjelajah alam bebas  serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, pengambilan keputusan dalam kelompok.
13.2  Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di alam bebas  serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, keputusan dalam kelompok

14. Menerapkan budaya hidup sehat
14.1  Memahami berbagai bahaya bencana alam
14.2  Memahami cara menghadapi berbagai bencana alam

Keterangan
1.                     *) Diajarkan sebagai kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan kondisi          sekolah
 **) Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas dan    peralatan yang tersedia
        ***) Diajarkan sebagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam semester 1 dan atau   semester 2
2.              Untuk pembinaan peserta didik ynag berminat terhadap salah satu atau beberapa cabang tertentu dapat dilakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler


E.       Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar